Berita Dunia Islam Terdepan

ISIS mengaku bertanggung jawab atas penembakan brutal di klub malam di Istanbul

Pengunjung klub malam Reina di Istanbul, Turki, terlihat meninggalkan lokasi kejadian penembakan. (Foto: AP)
3

ISTANBUL (Arrahmah.com) – IS (Islamic State atau biasa dikenal ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan di sebuah klub malam elit di Istanbul, Turki pada perayaan malam pergantian tahun. 39 orang tewas, sementara 69 lainnya luka-luka.

Kantor berita ISIS, Amaq, mengatakan serangan itu dilakukan oleh seorang “tentara khilafah yang menyerang klub malam paling terkenal di mana orang-orang Kristen merayakan pesta pagan mereka.”

Dikatakan, pelaku melepaskan tembakan dari senapan otomatis dalam “pembalasan dan mematuhi perintah” pemimpin ISIS, Abu Bakar Al-Baghdadi.

Kantor berita Turki, Anadolu, mengatakan bahwa delapan orang telah ditahan oleh regu anti-terorisme Istanbul, dan kini mereka tengah diinterogasi.

Sebelunya, laporan media Turki mengatakan bahwa pihak berwenang Turki percaya ISIS berada di balik serangan tersebut. Pelaku yang masih buron, diduga berasa dari negara Asia Tengah seperti Uzbekistan atau Kirgistan.

Menurut surat kabar Hurriyet dan Karar, polisi juga telah menetapkan kesamaan dengan pelaku serangan di Bandara Ataturk Istanbul pada Juli lalu, dan menyelidiki apakah serangan tersebut dilakukan oleh sel ISIS yang sama. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...