Berita Dunia Islam Terdepan

Pilot mabuk jadi pemberitaan media Internasional

Dalam video yang sedang viral, terlihat seorang pilot berjalan sempoyongan memasuki pintu pemeriksaan bandara.
2

JAKARTA (Arrahmah.com) – Terkait video yang sedang viral tentang pilot yang berjalan sempoyongan saat memasuki pintu pemeriksaan bandara, sejumlah media asing turut memberitakan kasus tersebut.

Media internasional seperti The Guardian dan Daily Mail turut memberitakan insiden yang juga menjadi sorotan media nasional itu.

Dalam pemberitaannya, Daily Mail, menerangkan dengan gamblang rekaman CCTV yang menunjukkan Kapten Tekad Purna berjalan sempoyongan saat melewati metal detector.

“Video yang beredar menunjukkan Kapten Tekad Purna, seorang pilot untuk maskapai penerbangan murah Indonesia Citilink, tersandung dan berulang kali menjatuhkan barang-barang miliknya saat akan melewati pemeriksaan keamanan di bandara Surabaya, Rabu pagi,” lansir Daily Mail, Sabtu (31/12/2016).

Daily Mail juga mengutip pernyataan Ketua Komisi V DPR, Ferry Djemi Francis yang meminta lisensi pilot tersebut dicabut.

“Jika itu benar, lisensi pilot dicabut sambil menunggu pemeriksaan medis,” kata Francis.

Sedangkan The Guardian menerbitkan laporan kecurigaan penumpang ketika mereka mendengar kata-kata cadel dan pengumuman tidak jelas dari kokpit.

Beberapa dari penumpang meninggalkan pesawat dan meminta penggantian pilot yang diyakini tengah mabuk atau di bawah pengaruh obat.

The Guardian juga memuat pernyataan pengunduran diri dari Presiden Direktur Citilink Albert Burhan.

“Pilot telah melakukan pelanggaran serius terhadap prosedur operasi standar yang mengancam keselamatan penumpang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan. Saya harus bertanggung jawab untuk itu dan karena itu saya dan direktur produksi saya mengundurkan diri,” kata Burhan.

Kapten Tekad Purna saat ini sedang diselidiki atas dugaan mabuk atau menggunakan narkoba. Menteri Perhubungan Budi Karya telah melarangnya terbang sambil menunggu hasil penyelidikan. Jika terbukti, lisensi pilotnya akan dicabut, sebagaimana dilansir sindonews.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...