Berita Dunia Islam Terdepan

PM Irak: Kami akan musnahkan ISIS dalam tiga bulan

Seorang remaja Irak yang berasal dari Mosul, yang terluka dalam serangan bom yang membunuh sedikitnya 23 warga sipil, tengah menerima perawatan di rumah sakit di Erbil. (Foto: AFP)
4

BAGHDAD (Arrahmah.com) – Perdana Menteri Irak, Haider Al-Abadi sesumbar pada Selasa (27/12/2016) saat konferensi pers mingguan bahwa “pemberantasan ISIS mungkin akan selesai dalam periode tiga bulan”, saat pasukan Irak yang didukung oleh pasukan koalisi pimpinan AS terus melancarkan serangan di Mosul.

Sebelumnya Abadi pernah mengatakan bahwa pemulihan Mosul akan berlangsung pada akhir tahun ini, namun hal tersebut belum terbukti dan ia mengklaim bahwa lambatnya kemajuan di lapangan karena kebutuhan untuk “melindungi” warga sipil yang tetap berada di rumah mereka bukan melarikan diri.

Setelah lebih dari dua bulan operasi dan masih terus berlanjut, pasukan elit Irak mengklaim telah berhasil merebut seperempat dari kota Mosul, lansir Al Arabiya.

Seorang komandan lapangan AS mengatakan kepada Reuters pada Senin (26/12) bahwa “pasukan Irak akan melanjutkan intervensi mereka dalam beberapa hari mendatang dalam fase baru dari proses yang akan menyaksikan pengerahan pasukan AS di daerah yang lebih dekat dengan garis depan di dalam kota”. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...