Berita Dunia Islam Terdepan

Kunjungi Pearl Harbor, PM Jepang berjanji tidak akan pernah berperang lagi

Presiden AS Barack Obama dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memberikan sambutan di Kilo Pier menghadap tugu peringatan USS Arizona di Joint Base Pearl Harbor-Hickam di Honolulu, Hawaii, AS 27 Desember 2016. (Fotl: Reuters / Hugh Gentry)
3

HAWAII (Arrahmah.com) – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bersama Presiden AS Barack Obama melakukan kunjungan bersama simbolis ke Pearl Harbor pada Selasa (27/12/2016), memperingati Perang Dunia II dan berjanji Jepang tidak akan pernah berperang lagi.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menyoroti kekuatan aliansi AS-Jepang dalam menghadapi kebangkitan Cina dan di tengah kekhawatiran bahwa Presiden terpilih Donald Trump akan membangun hubungan yang lebih rumit dengan Jepang.

Abe dan Obama memperingati kematian di tugu peringatan USS Arizona, yang dibangun di atas sisa-sisa kapal perang yang tenggelam. Abe menjadi Perdana Menteri Jepang pertama yang mengunjungi tugu peringatan yang merupakan pusat dari situs bersejarah.

“Kami tidak akan pernah mengulangi kengerian perang lagi. Ini adalah sumpah kami. Untuk jiwa-jiwa para prajurit yang berbaring di peristirahatan di abadi di kapal USS Arizona, kepada rakyat Amerika, dan untuk semua orang di seluruh dunia, saya bersumpah di sini sebagai perdana menteri Jepang,” katanya sebagaimana dilansir Reuters.

Pasukan Jepang menyerang Pearl Harbor dengan pesawat torpedo, pengebom, dan pesawat tempur pada 7 Desember 1941, menggempur armada AS di sana untuk menghancurkan kekuatan AS di Pasifik. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...