Berita Dunia Islam Terdepan

Erdogan klaim miliki bukti koalisi pimpinan AS berikan dukungan kepada ISIS

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
4

ANKARA (Arrahmah.com) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan ia menemukan bukti bahwa pasukan koalisi pimpinan AS telah membantu mendukung teroris di Suriah, termasuk ISIS.

Berbicara pada Selasa (27/12/2016) di ibu kota Turki, Ankara, ia mengatakan ia percaya bahwa mereka telah memberikan dukungan kepada berbagai kelompok militan termasuk ISIS, YPG, dan PYD.

“Mereka menuduh kami mendukung Daesh (ISIS), katanya dalam konferensi pers, menurut Reuters.

“Sekarang mereka memberikan dukungan kepada kelompok teroris termasuk Daesh, YPG, PYD. Ini sangat jelas. Kami telah mengkonfirmasi bukti, dengan gambar, foto, dan video.”

Erdogan juga mengatakan bahwa Arab Saudi dan Qatar harus bergabung dengan pertemuan Rusia dan Iran untuk membahas upaya perdamaian Suriah.

Rusia, Turki, dan Iran, sepakat untuk mengadakan pembicaraan tentang Suriah di Kazakhstan bulan depan.

Associated Press mengatakan Erdogan mengatakan pertemuan para menteri luar negeri harus mencakup Arab Saudi dan Qatar, mengatkan mereka telah “menunjukkan niat baik dan memberikan dukungan” untuk Suriah.

Turki, Arab Saudi, dan Qatar adalah pendukung utama kelompok oposisi yang berusaha menggulingkan Presiden Suriah Bashar Asad yang erat bersekutu dengan Rusia dan Iran.

Departemen Luar Negeri AS telah menolak tuduhan Erdogan tersebut. Juru bicara Departemen Luar Negeri Mark Toner mengklaim bahwa tuduhan itu tidak berdasar. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...