Berita Dunia Islam Terdepan

Berbicara bahasa Arab, 2 bintang Youtube Muslim Amerika dikeluarkan paksa dari Delta Airlines

5

LONDON (Arrahmah.com) – Dua bintang Youtube Muslim Amerika diminta keluar dari sebuah maskapai penerbangan AS di London setelah beberapa penumpang Inggris mengeluh ketika salah satu dari mereka berbicara dalam bahasa Arab kepada ibunya melalui telepon.

Adam Saleh (23) dan temannya Slim Albaher (22) akan pulang kembali ke New York City pada Rabu (21/12/2016) ketika mereka diminta oleh kapten penerbangan Delta untuk keluar dari pesawat di Bandara Heathrow.

Dia mengatakan beberapa penumpang menyuarakan dukungan mereka untuk Saleh sementara yang lain menyetujui pengusiran mereka dari pesawat. Para penumpang yang berada di pesawat ketika mendarat di New York mengonfirmasi kesaksian kedua pemuda ini.

Saleh memposting video berisi insiden ini di Twitter. Berita itu mendapat banyak tanggapan di media sosial dengan kemarahan public kepada industri penerbangan Delta.

“Kalian rasis. Aku tidak percaya dengan apa yang ku lihat,” Saleh berteriak dalam video itu saat ia menjelaskan konfrontasi tersebut. “Enam orang kulit putih melawan kami pria berjanggut.”

“Ini tahun 2016. 2016. Lihat, Delta Air Lines menendang kita keluar hanya karena kita berbicara menggunakan bahasa yang berbeda,” tambahnya dalam video.

Setelah penundaan panjang yang melibatkan pemeriksaan keamanan, Saleh mengatakan ia akhirnya bisa naik pesawat ke New York dengan maskapai yang berbeda.

Namun, ia mengatakan ia akan mencari penasihat hukum untuk mengajukan tuntutan terhadap maskapai Delta, lansir Al-Bawaba.

Insiden Muslim dan Arab di Barat diminta untuk meninggalkan pesawat telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, menurut kelompok advokasi.

“Semakin banyak laporan yang telah dibuat dari Muslim atau Arab, atau orang-orang yang dianggap Muslim atau Arab, yang dikeluarkan dari pesawat oleh personil maskapai,” kata Zainab Chaudry, juru bicara Council on American-Islamic Relations, yang merupakan kelompok hak-hak sipil Muslim terbesar Amerika Serikat.

(banan/rrahmah.com)

Baca artikel lainnya...