Berita Dunia Islam Terdepan

Milisi Syiah asal Iran duduki Aleppo timur, kibarkan bendera Iran di setiap sudut

Lingkungan Aleppo timur yang hancur. (Foto: Zaman Alwasl)
2

ALEPPO (Arrahmah.com) – Aktivis Suriah menyuarakan keprihatinan atas tindakan milisi Syiah asal Iran yang telah mengibarkan bendera Iran dan banyak spanduk sektarian saat menduduki Aleppo timur.

Sumber mengatakan kepada Zaman Alwasl bahwa tidak ada bendera Suriah dan poster Bashar Asad di Aleppo timur yang kini dikuasai milisi Syiah.

“Anda dapat melihat foto Hassan Nasrallah, Qassem Soleimani, Khamenei,” ujar sumber yang tidak ingin disebutkan namanya seperti dilansir Zaman Alwasl pada Rabu (21/12/2016).

Iran memimpin milisi Syiah asal Libanon, “Hizbullah”, Harakah Al-Nujaba asal Irak, Brigade Abu Al-Fadhl Al-Abbas dan milisi Syiah asal Afghanistan Fatimiun.

Milisi mengepung Masjid Al-amawi di Aleppo tua dan benteng Aleppo di Antakya.

Sumber menambahkan bahwa ketakutan telah berkembang mengenai masa depan kota dan sejarahnya, di mana terdapat rumor bahwa Masjid akan diubah menjadi kuil Syiah di lingkungan Hanano, Fardaous dan lainnya.

Sementara itu, sekitar 3.000 orang diyakini tengah dipersiapkan untuk dievakuasi dari Aleppo timur.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR), kelompok pemantau yang berbasis di Inggris mengatakan 60 bus akan menjemput 3.000 pejuang dan keluarga mereka yang tersisa.

Menurut laporan Palang Merah Internasional, sedikitnya 25.000 orang telah dievakuasi dari kota yang terkepung dalam beberapa hari terakhr. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...