Berita Dunia Islam Terdepan

Rusia ancam untuk memveto rancangan resolusi Perancis

Iring iringan bus pembawa warga sipil Aleppo Suriah melintasi hancurnya kota dan peradaban
2

ALEPPO (Arrahmah.com) – Rusia siap untuk menggunakan hak vetonya untuk memblokir resolusi Perancis yang disusun pada pengiriman pengamat PBB ke Aleppo untuk memantau evakuasi dan membantu melindungi warga sipil, utusan Rusia untuk PBB mengatakan pada Ahad (18/12/2016).

Berbicara kepda wartawan di New York pada Ahad, Duta Besar Rusia untuk PBB Vitaly Churkin mengatkan Rusia akan memveto rancangan resolusi Perancis, “karena ini adalah bencana”. Namun ia mengatakan: “Mungkin ada hal lain yang bisa diadopsi hari ini oleh Dewan Keamana, yang akan mencapai tujuan yang sama.”

Rusia kemudian mengumumkan rancangan resolusi sendiri yang menyerukan PBB untuk membuat “persiapan” untuk “memantau kondisi warga sipil yang tersisa di Aleppo”. Namun tidak menyebutkan pengiriman pengamat, menurut para diplomat.

Sebagaimana dilansir France 24 (18/12), pada Jumat, beredar teks draft Perancis yang menyatakan bahwa dewan “khawatir” oleh krisis kemanusiaan yang memburuk di Aleppo dan oleh fakta “puluhan ribu penduduk yang dikepung” membutuhkan bantuan dan evakuasi. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...