Berita Dunia Islam Terdepan

Erdogan dan Putin bahas evakuasi warga sipil di Aleppo

Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Ilustrasi Foto: Anadolu Agency)
5

ANKARA (Arrahmah.com) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putih pada Ahad (18/12/2016) membahas evakuasi warga sipil Aleppo, Suriah, melalui telepon, menurut sumber presiden sebagaimana dilansir kantor berita Turki, Anadolu.

Menurut sumber yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut, Erdogan dan Putin menekankan bahwa gangguan dalam proses evakuasi harus diselesaikan segera karena situasi yang rentan di Aleppo.

Kedua presiden tersebut menekankan bahwa bantuan kemanusiaan harus dicapai dan upaya bersama harus diintensifkan untuk solusi politik.

Selain itu, kedua pemimpin membahas hubungan yang mereka bangun bersama Presiden Kazakstan Nursultan Nazarbayev tentang membawa perwakilan dari rezim Suriah dan oposisi bersama-sama di Kazakstan untuk memecahkan krisis yang berkepanjangan.

Awal pekan ini, pasukan oposisi Suriah di Aleppo timur mencapai kesepakatan gencatan senjata dengan pasukan rezim Asad untuk mengevakuasi warga sipil dari Aleppo.

Sejak itu, setidaknya 7.500 warga sipil telah meninggalkan Aleppo menuju Idlib, yang terletak di dekat perbatasan Suriah-Turki, menurut pejabat kelompok oposisi Suriah. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...