Berita Dunia Islam Terdepan

Ribuan orang di Turki gelar aksi solidaritas untuk Aleppo

Ribuan orang gelar aksi solidaritas untuk Aleppo.
5

ANKARA (Arrahmah.com) – Ribuan orang berkumpul pada Sabtu (17/12/2016) di dekat perbatasan Cilvegozu Turki, dekat perbatasan Suriah, untuk menunjukkan solidaritas terhadap orang-orang dari Aleppo, dalam pawai besar yang diselenggarakan oleh Yayasan Bantuan Kemanusiaan (IHH).

Aktivis Turki dan Suriah telah mengorganisir aksi unjuk rasa di beberapa kota di Turki sejak awal pekan ini untuk menunjukkan solidaritas mereka terhadap orang-orang Aleppo dan mengecam kekerasan yang terjadi di Suriah.

Pada Jumat (16/12), aksi solidaritas untuk Aleppo digelar di Istanbul dan Ankara. Ratusan orang berkumpul untuk menunjukkan dukungan terhadap Aleppo di luar konsulat Iran di Istanbul pada Jumat sore. Aksi unjuk rasa secara terpisah juga digelar di luar konsulat Rusia.

Sebelumnya, evakuasi orang-orang dari Aleppo Timur yang terkepung terhenti setelah ada hambatan dari milisi yang didukung Iran.

Pada Sabtu, perwakilan negosiasi oposisi mengatakan bahwa kesepakatan baru untuk mengevakuasi warga sipil telah tercapai. tetapi tidak menentukan jangka waktu untuk evakuasi.

Dikabarkan, sekitar 50.000 orang masih terjebak di Aleppo Timur dalam keadaan yang sangat mengerikan. Banyak yang hidup di jalanan dalam cuaca yang sangat dingin dengan sedikit atau bahwa tidak ada makanan dan tidak ada akses ke segala jenis perawatan medis, sebagaimana dilansir Orient Net.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...