Berita Dunia Islam Terdepan

Jalan-jalan di Turki dipenuhi konvoy bantuan untuk pengungsi Aleppo

Konvoy bantuan kemanusiaan untuk Suriah. (Foto: WB)
3

HATAY (Arrahmah.com) – Sebuah kampanye bantuan Turki untuk mendukung warga sipil dari Aleppo timur telah berkumpul pada Jum’at (16/12/2016) dengan ratusan lebih kendaraan mengangkut bantuan kemanusiaan ke perbatasan Suriah.

Kampanye Open Road to Aleppo menyaksikan sekitar 100 kendaraan yang diorganisir oleh Yayasan Bantuan Kemanusiaan Turki (IHH) bergabung dengan konvoy di provinsi Kayseri.

Berangkat pada Jum’at (16/12), konvoy akan bergerak menuju provinsi perbatasan Turki, Hatay, yang dekat dengan kota Suriah yang telah hancur, Aleppo, lansir WB.

Sebuah kelompok bantuan pertama telah memulai perjalanannya pada 14 Desember, membawa bantuan kemanusiaan ke perbatasan di Hatay.

Musa Yilmaz, anggota IHH Kayseri mengatakan ia ingin menunjukkan dukungannya bagi orang-orang di Aleppo dan bereaksi terhadap penyiksaan dan penganiayaan warga sipil di sana.

“Muslim tengah tertindas, dianiaya dan disiksa di empat penjuru dunia, termasuk negara-negara seperti Suriah, Irak dan Afghanistan.”

“Kami akan berkumpul di Hatay untuk mendukung Suriah dan Aleppo dan menjelaskan bahwa kami berdiri bersama mereka,” tambahnya.

Dari provinsi tengah Turki, Konya, sekitar 150 kendaraan ditambah 60 truk menuju ke Hatay, ujar anggota IHH lainnya Hasan Hussein Uysal.

“Kampanye bantuan kami masih berlangsung. Kami akan mencoba untuk mengorganisir bantuan sampai penganiayaan berakhir,” ujar Uysal.

Sementara itu 12 truk bantuan dari provinsi Afyonkarahisar di Turki barat, telah menuju Hatay. Konvoy lainnya yang terdiri dari lima truk yang membawa 150 ton bahan makanan telah bergerak dari distrik Kucukcekmece di Istanbul.

Di provinsi selatan Turki, Kilis, berbagai organisasi kemanusiaan termasuk Bulan Sabit Merah Turki telah mengirim bantuan kemanusiaan ke Suriah melalui Gerbang Oncupinar. Bantuan tersebut termasuk makanan, pakaian, batubara, selimut, sepatu dan makanan bayi. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...