Berita Dunia Islam Terdepan

Puluhan warga Aleppo yang dievakuasi telah mencapai Turki

Puluhan warga Aleppo yang dievakuasi telah tiba di Turki [Foto: Orient Net]
2

ALEPPO (Arrahmah.com) – Puluhan orang terluka yang dievakuasi dari Aleppo Timur telah mencapai perbatasan Bab al-Hawa dan sedang diangkut ke Turki di bawah pengawasan Bulan Sabit Merah Turki, koresponden Orient News melaporkan.

20 ambulans yang mengangkut puluhan orang yang terluka telah mencapai perbatasan tersebut dan diizinkan untuk langsung berangkat ke Turki karena ada beberapa warga yang cedera berada dalam kondisi kritis dan membutuhkan penanganan medis yang mendesak.

Sebelumnya pada Kamis (15/12/2016), angkatan pertama dari pengungsi telah mencapai pedesaan barat Aleppo, beberapa jam setelah meninggalkan Aleppo timur.

Konvoi ambulans dan bus mengangkut warga sipil yang terluka dari lingkungan yang dikepung mencapai telah pedesaan Aleppo meskipun ada hambatan yang dilancarkan oleh milisi Iran untuk mencegah mereka tiba ke tujuan mereka, ungkap koresponden Orient News.

Konvoi mulai tiba di pedesaan barat Aleppo pada Kamis sore, membawa 50 orang yang terluka serta keluarga mereka saat angkatan pertama dari sekitar 80.000 warga sipil sedang menunggu untuk meninggalkan daerah yang terkepung.

Sekitar 1.000 orang telah dievakuasi pada Kamis (14/12) sebagai bagian dari kesepakatan gencatan senjata, ungkap Orient Net.

Sebelumnya pada hari Kamis, satu warga sipil tewas dan tiga lainnya luka-luka ketika milisi yang didukung Iran menyerang konvoi yang mengevakuasi warga sipil yang terluka dari Aleppo timur.

Evakuasi tersebut sebagai bagian dari kesepakatan untuk mengeluarkan warga sipil dan pejuang oposisi dari Aleppo Timur yang terkepung. Sebuah gencatan senjata sebelumnya runtuh karena ada hambatan dari milisi yang didukung Iran.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...