Berita Dunia Islam Terdepan

AS bombardir rumah sakit Mosul

Foto dari serangan udara di Irak yang dilakukan AS (Foto: AS Korps Marinir / Kopral. James J. Vooris / Wikipedia)
4

MOSUL (Arrahmah.com) – Pusat Komando AS (CENTCOM) hari ini menegaskan bahwa AS melancarkan serangan udara terhadap salah satu rumah sakit utama Mosul dalam upaya mendukung Pasukan Kemanaan Irak (ISF), setelah unit ISF gagal dalam serangan terhadap sebuah lingkungan di Mosul timur.

Tentara dari Divisi Lapis Baca Kesembilan Irak mengatakan telah mencapai ke wilayah Al-Wahda, tempat rumah sakit Al-Salam berada.

Tidak lama setelah itu, mereka menjadi sasaran serangan balik yang dilakukan secara intens oleh militan ISIS, di mana ISF menderita kerugian besar dan terpaksa harus mundur.

Reuters melaporkan bahwa ISIS sepertinya ingin tentara ISF terus maju dalam upaya mereka untuk lebih mudah menyergap mereka.

“Kami berhasil membuat pertempuran pada Selasa di Al-Wahda, tetapi rupanya mereka para ISIS menyeret kita untuk sebuah penyergapan, dan mereka berhasil mengelilingi sebagian tentara kami di rumah sakit itu,” kata seorang perwira militer.

Dalam siaran pers hari ini, CENTCOM menegaskan bahwa pada Rabu (7/12/2016) mereka telah meluncurkan sedangan udara untuk meringankan pasukan Irak di sekitar rumah sakit Al-Salam dengan cara membom fasilitas medis.

“Pasukan Keamanan Irak berusaha untuk merebut rumah sakit Al-Salam dari ISIS di jantung Timur Mosul,” kata CENTCOM.

“Untuk mendukung Pasukan Keamanan Irak, pesawat Koalisi melakukan serangan presisi pada lokasi untuk menargetkan pasukan ISIS yang menembaki pasukan Irak,” tambahnya. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...