Berita Dunia Islam Terdepan

Mesir tangkap 45 orang dalam perdagangan organ tubuh manusia

4

MESIR (Arrahmah.com) – Mesir telah menemukan jaringan internasional perdagangan gelap organ tubuh manusia, menangkap 45 orang, dan menyita jutaan dolar dalam penggerebekan hari ini, kata kementerian kesehatan Mesir.

Mereka yang ditangkap di antaranya adalah dokter, perawat, calo, dan pembeli organ tubuh. Mereka terlibat dalam sebuah jaringan terbesar perdagangan organ tubuh manusia.

“Para terdakwa yang ditangkap memanfaatkan situasi ekonomi masyarakat Mesir dan penderitaan beberapa pasien mereka yang ingin mendapatkan uang dalam jumlah besar,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataannya.

Kementerian itu mengatakan investigasi fokus kepada rumah sakit swasta dan pusat-pusat kesehatan, baik yang berlisensi maupun tidak, di mana transplantasi dan pengambilan organ tubuh berlangsung.

Kementerian itu juga mengatakan bahwa tempat-tempat itu telah ditutup oleh otoritas dan para dokter yang terlibat segera dihentikan dari praktiknya.

Beberapa dokter yang ditangkap bekerja pada lembaga terkenal termasuk fakultas kedokteran dari Kairo dan universitas Ain Shams, dua universitas negeri terbesar di Mesir.

Pembelian organ tubuh manusia adalah hal yang dilarang di Mesir, tetapi kemiskinan mendorong beberapa orang Mesir untuk menjual bagian tubuhnya, lebih sering kepada orang asing yang kaya raya, dalam transaksi terlarang. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...