Berita Dunia Islam Terdepan

Dituding sebagai perekrut ISIS, seorang warga Australia ditangkap di Turki

Neil Prakash muncul di video dan majalah ISIS dan secara aktif merekrut orang-orang Australia, wanita dan anak-anak. (Screengrab)
2

ANKARA (Arrahmah.com) – Warga negara Australia yang diyakini sebagai perekrut utama ISIS telah ditangkap oleh pihak berwenang Turki, pemerintah Australia mengatakan pada Sabtu (26/11/2016).

Pria yang bernama Neil Prakash, yang dikaitkan dengan beberapa rencana serangan di Australia, telah ditahan di Turki dan sedang diinterogasi oleh pihak berwenang Turki, kata seorang juru bicara pemerintah.

“Penangkapan Parkash adalah hasil kerjasama antara otoritas Australia dan Turki,” kata juru bicara itu.

Pria kelahiran Melbourne itu muncul di video dan majalah ISIS dan secara aktif merekrut orang-orang Australia, wanita dan anak-anak, dan mendorong aksi terorisme, kata pemerintah Australia pada Mei lalu.

Juru bicara itu mengatakan bahwa Australia sedang bekerja sama dengan pihak berwenang Turki, dan Parkash akan dikenakan permintaan ekstradisi formal.

Pada Mei lalu Australia mengatakan bahwa Parkash tewas dalam serangan udara di Mosul, Irak, pada 29 April, berdasarkan laporan intelijen AS.

Namun, New York Times melaporkan pada Jumat kemarin bahwa Parkash terluka dalam serangan udara itu dan dia masih selamat. Kemudian Pemerintah Australia menegaskan bahwa dia masih hidup. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...