Berita Dunia Islam Terdepan

Norwegia boikot produk permukiman “Israel”

[Foto: IMEMC]
3

TRONDHEIM (Arrahmah.com) – Wakil rakyat terpilih di Trondheim, kota terbesar ketiga Norwegia, telah memutuskan untuk memboikot barang dan jasa dari pemukiman “Israel” di Tepi Barat yang diduduki, sebagaimana dilansir IMEMC, Kamis (24/11/2016).

Dewan kota Trondheim juga telah meminta kepada parlemen nasional Norwegia untuk mengambil keputusan yang sama dan mendesak warga kota untuk menghindari barang dari pemukiman “Israel”.

Keputusan Trondheim telah dipuji sebagai sebuah kemenangan bagi gerakan boikot, divestasi dan sanksi (BDS) terhadap “Israel”.

Meskipun aksi boikot ini masih terbatas pada wilayah-wilayah pendudukan, tapi ini merupakan langkah maju yang penting bagi gerakan BDS di Norwegia,” kata Kathrine Jensen, ketua Komite Palestina di Norwegia, kepada The Electronic Intifada.

Trondheim melakukan voting pada Kamis pekan lalu yang merupakan hasil dari inisit\atif masyarakat. Dalam inisiatif itu, anggota masyarakat dapat menempatkan permasalahan ini dalam agenda pembahasan dewan jika mereka mengumpulkan jumlah tanda tangan yang cukup.

Inisiatif ini dilakukan oleh Uni Kota Norwegian dan Serikat Pekerja (yang dikenal sebagai Fagforbundet).

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...