Berita Dunia Islam Terdepan

Lagi, IIA kuasai distrik strategis di provinsi Kandahar

Peta Kandahar, Afghanistan. (Foto: Internet)
3

KANDAHAR (Arrahmahcom) – Imarah Islam Afghanistan (IIA) kembali menguasai sebuah distrik strategis di provinsi Kandahar. Distrk Ghorak telah jatuh ke tangan IIA pada 19 November lalu.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di situs resmi IIA, Voice of Jihad, IIA menyebutkan bahwa pasukan musuh dari pusat distrik dan pangkaln militer dipaksa untuk melarikan diri dengan bantuan sebah konvoy militer besar dan helikopter menuju distrik Maiwand, menyerahkan sepenuhnya distrik Ghorak ke tangan IIA.

Menurut laporan rinci, distrik tersebut berada di bawah pengepungan ketat oleh Mujahidin selama beberapa waktu. Mujahidin mengejar musuh di daerah, sebuah truk militer telah dihancurkan sementara APC telah rusak menjadi puing-puing dalam serangan bom pinggir jalan, mengakibatkan kerugian besar pada musuh.

Perlu disebutkan bahwa sedikitnya 55 orang bersenjata telah tewas dan sejumlah besar senjata dirampas setelah 2 basis militer musuh dan 2 pos diserbu di distrik tersebut.

Sebelumnya pada pertengahan ktober 2015, IIA pernah menguasai distrik Ghorak namun kembali direbut oleh pasukan Afghanistan. Pada 15 November lalu, para pejabat Afghanistan mengatakan bahwa semua sekolah di distrik Ghorak ditutup karena “masalah keamanan”, lansir LWJ pada Senin (21/11/2016).

Menurut laporan LWJ, sedikitnya tiga dari lima belas distrik di Kandahar telah berada di bawah kendali IIA, yaitu Ghorak, Registan dan Shorabak. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...