Berita Dunia Islam Terdepan

Pemerintah boneka Afghanistan tuduh Iran membantu Taliban

Tiga pria yang diklaim sebagai pejuang Imarah Islam Afghanistan dan ditangkap oleh polisi perbatasan Afghanistan, berdiri di hadapan awak media di Jalalabad. (Foto: Reuters)
9

KABUL (Arrahmah.com) – Pasukan boneka Afghanistan secara resmi telah mengeluarkan tuduhan bahwa militer Iran telah memberikan dukungan kepada Imarah Islam Afghanistan (Taliban).

Seorang pejabat boneka Afghanistan mengatakan kepada Kabul Television bahwa Iran mendukung Taliban dengan pelatihan di dalam negeri, lansir Al Arabiya pada Ahad (20/11/2016).

Mantan pejabat kementerian luar negeri mengatakan kepada media Jerman, Deutsche Welle: “Ini adalah pertama kalinya bahwa Iran telah mengaku mendukung Taliban. Di masa lalu, mereka selalu menyalahkan Pakistan untuk ini.

Akhir Oktober lalu, Al Arabiya juga mengeluarkan laporan yang mengklaim bahwa salah seorang petinggi Taliban mengungkapkan rincian hubungan Taliban dengan Iran.

“Gerakan ini berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari semua cara yang sah untuk mencapai kesepakatan regional sebagai bagian dari perang melawan invasi Amerika, oleh karena itu, Imarah memegang jaringan yang sedang berlangsung dengan sejumlah besar negara-negara kawasan dan tetangga” ujarnya pada saat itu.

Imarah Islam Afghanistan belum mengeluarkan pernyataan resmi untuk membenarkan atau membantah laporan tersebut. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...