Berita Dunia Islam Terdepan

Kenya akan tarik pasukannya dari Somalia tahun 2018

Tentara Kenya di Somalia. (Foto: Shabelle)
12

NAIROBI (Arrahmah.com) – Pasukan Kenya yang mendukung Misi Uni Afrika di Somalia (AMISOM) telah memutuskan bahwa mereka akan menarik diri dari Somalia pada tahun 2018.

Menurut Francisco Caetano, Perwakilan Khusus Ketua Komisi Uni Afrika untuk Somalia, mengatakan tentara akan pergi dari Somalia dan akan digantikan dengan 20.000 tentara Somalia terlatih, lansir Shabelle pada Ahad (20/11/2016).

Selama konferensi pers di sebuah hotel di Nairobi, Caetano mengatakan tentara Somalia sedang dipersiapkan untuk pekerjaan yang sulit di depan mereka.

“Kita perlu memberikan senjata kepada orang-orang ini, karena tentara dipersiapkan untuk berperang. Kita harus memberi hak tentara Somalia dan mereka harus siap untuk mengambil alih dari kami,” ujarnya.

Kenya merupakan bagian dari 22.000 tentara asing yang dikerahkan di Somalia dan pemerintah Kenya sedang berada di bawah tekanan dari kelompok oposisi yang menuntut untuk segera mengeluarkan pasukan dari Soamlia, mengatakan bahwa kehadiran tentara di Somalia menjadi alasan di balik serangan teror di Kenya.

Namun, pemerintah Kenya tetap bersikeras mempertahankan pasukannya dan mengatakan bahwa langkah tersebut akan menunjukkan sikap pengecut. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...