Berita Dunia Islam Terdepan

“Israel” membunuh seorang pria Palestina yang melakukan protes di Gaza

Ilustrasi (Foto: Al Jazeera)
5

GAZA (Arrahmah.com) – Pasukan “Israel” menembak dan membunuh seorang pria Palestina saat protes di dekat perbatasan Gaza (18/11/2016), kata seorang pejabat kesehatan Palestina.

Seorang juru bicara militer “Israel” mengatakan tentaranya melepaskan tembakan untuk membubarkan warga Palestina yang berusaha menembus pagar perbatasan Gaza dan pihak berwenang mendapatkan laporan bahwa satu orang telah tewas.

Para pejabat kesehatan Gaza mengatakan bahwa Mohammad Abu Sada (26) gugur oleh tembakan “Israel” dan dua orang lainnya luka-luka. Puluhan pengunjuk rasa berkumpul untuk melakukan demonstrasi di sepanjang perbatasan Gaza-“Israel” setiap Jumat.

Operasi militer “Israel” di tanah Palestina telah membuat warga Gaza tidak bisa bergerak bebas di atas tanah mereka sendiri. Demonstrasi biasanya menyebabkan tentara “Israel” menembaki warga Palestina yang kemudian menanggapinya dengan melemparkan batu ke arah pasukan “Israel”.

Setidaknya 227 warga Palestina tewas dalam kekerasan di Tepi Barat dan Jalur Gaza sejak Oktober 2015. “Israel” mengklaim 154 dari mereka adalah penyerang, meskipun klaim tersebut tidak pernah diverifikasi secara independen.

Warga Palestina mengungkapkan polisi dan tentara “Israel” telah menggunakan kekuatan yang berlebihan dalam banyak kasus. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...