Berita Dunia Islam Terdepan

ISIS gunakan boneka manekin berjenggot sebagai umpan

Seorang tentara Irak tengah memegang patung manekin berjenggot, di samping yang tank terbuat dari kayu yang digunakan oleh militan ISIS sebagai taktik pengalihan di Bawiza, utara Mosul, Irak 13 November 2016. (Foto: Reuters)
2

MOSUL (Arrahmah.com) – ISIS menggunakan replika tank dan Humvee dari kayu sebagai upaya untuk menumbangkan serangan udara yang dilakukan oleh koalisi militer yang dipimpin AS dalam operasi Mosul, bahkan mereka menggunakan manekin berjenggot sebagai umpan.

Tentara Irak menemukan beberapa lalu di situs pelatihan ISIS di Mosul. Jika dilihat dari dekat, maket itu menyerupai mainan tapi dari jarak jauh maket itu terlihat seperti kendaraan yang nyata.

“ISIS menggunakan tank dan kendaraan yang terbuat dari kayu untuk mengalihkan pesawat militer,” kata Letnan Kolonel Abbas al-Azaji pada Ahad (14/11/2016), sebagaimana dilansir Al Arabiya.

Tidak jelas seberapa efektif maket itu telah berhasil menggagalkan pemboman udara.

Juru bicara Air Force US Kolonel John Dorrian mengatakan bahwa pasukan koalisi telah melacak penggunaan kendaraan palsu itu untuk sementara waktu.

“Kami menyebutnya taktik penipuan. ISIS telah melakukannya dan itu pasti taktik yang musuh ingin menggunakannya,” katanya.

“Hal ini sebenarnya tidak mengganggu karena banyak hal-hal lain yang bisa kita lihat,” katanya menambahkan. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...