Berita Dunia Islam Terdepan

AS kirimkan lebih banyak senjata untuk milisi Kurdi di Suriah

Militan SDF. (Foto: Internet)
3

HASAKA (Arrahmah.com) – Amerika Serikat pada Sabtu (12/11/2016) mengirim konvoy truk pengiriman senjata dan amunisi ari wilayah Kurdistan di Irak menuju wilayah yang dikontrol oleh Partai Persatuan Demokratik Kurdi (PYD) di Hasaka, sehari setelah jetjet Amerika menjatuhkan senjata dan amunisi ke pasukan yang dipimpin PYD di utara Raqqa.

Aktivis Mahmud Al-Ahmad mengatakan konvoy tersebut membawa senjata berat termasuk tank, artileri dan kendaraan militer lapis baja yang tiba pada Sabtu malam di kota Qamishli, lansir Zaman Alwasl pada Ahad (13/11).

Al-Ahmad menambahkan bahwa konvoy juga termasuk tangki bahan bakar dan amunisi yang cenderung menuju Raqqa, di mana wilayah utaranya menyaksikan pertempuran antara Pasukan Demokratik Suriah (SDF)-milisi bentukan PYD-dengan ISIS.

Al-Ahmad menunjukkan bahwa PYD merayakan kedatangan konvoy yang melalui titik penyeberangan di Sungai Tigris dekat desa Al-Tunziye dan melepaskan tembakan ke udara.

Sebelumnya halaman pendukung PYD di Facebook telah merilis video berdurasi 25 menit yang memperlihatkan jet-jet yang menjatuhkan senjata dan amunisi di atas daerah yang dikontrol oleh SDF.

Milisi Kurdi yang didukung AS, SDF, mengumumkan peluncuran pertempuran baru melawan ISIS pada Ahad pekan lalu. Mereka juga didukung oleh kekuatan udara pasukan koalisi pimpinan AS dalam operasi tersebut. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...