Berita Dunia Islam Terdepan

FSA lancarkan Operasi Perisai Eufrat tahap III

[Foto: Orient Net]
2

ALEPPO (Arrahmah.com) – Faksi Tentara Pembebasan Suriah (FSA) telah mencapai pinggiran kota al-Bab di pedesaan timur Aleppo, benteng terbesar dan terakhir ISIS di Suriah utara, saat Operasi Perisai Efrat Tahap III diumumkan.

Faksi oposisi yang beroperasi dalam ruang operasi Perisai Efrat dan didukung oleh militer Turki berhasil merebut desa Sheikh Elwan, al-Boushi Quarries, Batajek, Jodak, dan Bazji pada Kamis (10/11/2016), sumber lapangan mengatakan kepada Orient Net.

Pejuang FSA berada sejauh 6 kilometer dari kota al-Bab.

Seorang komandan di FSA menegaskan bahwa: “Operasi Perisai Efrat Tahap III akan mencapai kemenangan. Kita akan memasuki al-Bab segera, dan kemungkinan akan mendapatkan perlawanan sengit dari ISIS karena al-Bab adalah benteng strategis bagi kelompok tersebut.”

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada Kamis (10/11) bahwa FSA telah mulai mendekati kota al-Bab di Aleppo dengan dukungan logistik yang disediakan oleh Turki.

Turki ingin menciptakan zona bebas terorisme sehingga warga Suriah akan kembali dan tinggal di sana setelah tersedia infrastruktur, ungkap Erdogan sebagaimana dikutip oleh media Turki.

Presiden Turki mengatakan bahwa Turki ingin memelihara kesatuan wilayah Suriah dan Irak, dan Turki akan mengerahkan segala upaya untuk tercapainya tujuan ini.

Erdogan sebelumnya mengatakan bahwa operasi militer Turki di Suriah utara sedang menuju Manbij dan al-Raqqa setelah al-Bab.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...