Berita Dunia Islam Terdepan

Pasukan “Israel” menembaki perahu nelayan Palestina di lepas pantai Gaza

3

PALESTINA (Arrahmah.com) – Kapal-kapal militer “Israel” Kamis (10/11/2016) melepaskan tembakan langsung ke kapal-kapal nelayan Palestina di lepas pantai utara Jalur Gaza, menurut saksi, sebagaimana dilansir Ma’an.

Saksi mengatakan kepada Ma’an bahwa salah satu kapal militer “Israel” mengejar perahu nelayan sebelum menembakinya.

Sementara itu, pasukan “Israel” juga menembakkan amunisi ke arah kapal nelayan Palestina di lepas pantai kamp pengungsi Nuseirat di Jalur Gaza tengah.

Tentara “Israel” secara berkala menembaki nelayan dan petani Palestina di sepanjang perbatasan dan pantai, meskipun kesepakatan gencatan senjata yang mengakhiri perang 2014.

Praktek ini telah menghancurkan banyak dari sektor pertanian dan perikanan dari kantong pantai yang diblokade.

Pasukan “Israel” juga secara berkala menahan nelayan Palestina di lepas pantai Gaza yang mencari ikan di zona perikanan, umumnya dengan dalih alasan keamanan.

Sementara itu, pemerintah “Israel” menunda tiga kali ekspansi sementara rencana zona perikanan Jalur Gaza utara dalam beberapa pekan terakhir.

Menurut Pusat Hak Asasi Manusia Palestina (PCHR), pasukan “Israel” menahan 71 nelayan dan menyita 22 kapal nelayan di sepanjang 2015.

PCHR mengatakan bahwa pasukan angkatan laut “Israel” juga menembaki nelayan Palestina setidaknya 139 kali selama tahun ini, melukai 24 nelayan dan merusak 16 kapal nelayan.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...