Berita Dunia Islam Terdepan

Media AS terkejut dengan kemenangan Trump

Ilustrasi (Foto: Anadolu Agency)
1

WASHINGTON (Arrahmah.com) – Sebagian besar media mainstream AS menggambarkan kemenangan Donald Trump sebagai “hasil yang mengejutkan”.

The New York Times, yang sebelumnya mendukung Hillary Clinton dari kubu Demokrat, mengatakan hasil pemilu kemarin sungguh tidak terduga. Koran itu juga mengecam keras Trump dan mengatakan bahwa dia adalah pemimpin yang “meledak-ledak”.

Koran itu juga menambahkan bahwa kampanye diskriminatif dan provokatif Trump itu menargetkan demokrasi dan lembaga-lembaga Amerika, kebijakan-kebijakannya soal kesehatan dan imigrasi telah menunjukkan bahwa Trump yang temperamental tidak layak untuk memimpin bangsa AS.

Washington Post mengatakan bahwa para pemilih memenangkan Trump karena mereka muak dengan sistem politik Clinton.

The Wall Street Journal mengatakan konglomerat real estate itu akan menjadi orang pertama yang memasuki Gedung Putih tanpa pengalaman politik dan militer sebelumnya.

Sementara itu, CNN menggunakan headline “Trump dan patah hati” dan mengatakan bahwa kemenangannya adalah “salah satu gangguan yang paling menakjubkan dalam sejarah politik Amerika.”

CNN juga menambahkan bahwa Trump bisa mengalahkan Clinton adalah hal yang mengejutkan dan mengubah cara pandang tradisional tentang bagaimana cara kampanye bekerja, bagaimana demografi Amerika telah berubah, dan bagaimana seorang calon yang kontroversial dapat memengaruhi perolehan suara.

Sebagaimana dilansir kantor berita Anadolu (9/11/2016), Trump akan mengambil sumpah jabatan sebagai Presiden Amerika Serikat ke-45 pada 20 Januari mendatang. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...