Berita Dunia Islam Terdepan

170.000 bayi Suriah lahir di Turki

Ilustrasi
4

ANKARA (Arrahmah.com) – Setidaknya 170.000 bayi Suriah lahir di Turki sejak para pengungsi dari Suriah mulai berdatangan ke negara itu, lembaga bantuan Turki mengatakan pada Rabu (2/11/2016).

Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAT) mengatakan bahwa telah tersedia pilihan makanan khusus untuk para perempuan pengungsi yang hamil atau menyusui.

Turki telah menerima pengungsi Suriah dalam jumlah terbanyak di dunia, sekitar 3 juta pengungsi dan sejauh ini telah menghabiskan dana lebih dari $12 miliar untuk para pengungsi. Sejauh ini, bantuan dari masyarakat internasional telah berjumlah sekitar $512 juta, kata AFAD.

AFAD juga telah mengirimkan sekitar 1.63 miliar lira Turki ($520 juta) dan bantuan kemanusiaan ke Suriah sejak perang dimulai.

Setidaknya 82.000 anak Suriah telah sekolah di pusat-pusat pemukiman, katanya.

Selain itu, setidaknya 115.000 orang dewasa Suriah mendapatkan keterampilan kerja melalui program-program bersertifikat yang diselenggarakan di pusat-pusat AFAD.

AFAD juga mengatakan bahwa beberapa perempuan ikut ambil bagian dalam pemilihan kepala daerah dan berpartisipasi dalam pengelolaan kamp-kamp pengungsi.

AFAD juga telah meningkatkan kesadaran di antara para pengungsi tentang pernikahan dini dan poligami.

Menurut otoritas Turki, setidaknya 400.000 orang, termasuk warga sipil, tewas di Suriah sejak konflik dimulai. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...