Berita Dunia Islam Terdepan

Lebih dari 300 tersangka IS ditahan di Turki selama Oktober

11

TURKI (Arrahmah.com) – Lebih dari 300 tersangka kelompok “Daulah Islamiyah”, atau Islamic State (IS) yang sebelumnya dikenal sebagai ISIS, ditahan pada bulan Oktober di Turki, menurut data berdasarkan sumber polisi dan militer setempat.

Sumber, yang berbicara dengan syarat anonim karena pembatasan berbicara kepada media, mengatakan dari 306 tersangka yang ditahan, 45 telah diserahkan dalam tahanan, lansir WB.

Selain itu, Angkatan Bersenjata Turki menargetkan posisi IS di utara kota Mosul Irak 6820 kali sejak 15 Desember 2015 hingga 17 Oktober 2016, menewaskan 690 ekstremis. Setidaknya 555 tempat penampungan dan bangunan IS hancur bersama dengan 106 kendaraan, posisi roket Katyusha 34, tank, lima artileri, peluncur roket dan 11 senjata mesin infanteri berat.

Operasi Perisai Eufrat diluncurkan pada akhir Agustus untuk membersihkan wilayah perbatasan utara Suriah dari ekstremis. Saat ini operasi ini telah memasuki hari ke-71-nya.

Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan di sepanjang perbatasan Turki, untuk mengusir kelompok-kelompok ekstremis dan untuk melindungi integritas wilayah Suriah.

Sejak awal operasi, hampir 1.350 kilometer persegi (521 mil persegi) daerah telah diambil di bawah kontrol dan 1.369 bahan peledak rakitan disingkirkan.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...