Rusia klaim akan hentikan serangan udara jika warga sipil tinggalkan Aleppo

Foto: Anadolu Agency
3

MOSKOW (Arrahmah.com) – Rusia mengklaim siap menghentikan serangan udara di Aleppo jika warga sipil meninggalkan wilayah yang dikuasai pasukan oposisi itu, kementerian pertahanan Rusia mengatakan pada Rabu (26/10/2016).

“Pemerintah Rusia dan Suriah siap untuk memulai gencatan senjata di Aleppo jika organisasi-organisasi internasional memberikan jaminan bahwa mereka akan mengevakuasi warga sipil dan yang terluka dari wilayah yang dikuasai oleh kelompok bersenjata,” klaim juru bicara kementerian Igor Konashenkov kepada wartawan di Moskow sebagaimana dilansir kantor berita Anadolu.

Ratusan warga sipil dilaporkan tewas atau terluka dalam serangan udara rezim Suriah dan Rusia sejak 19 September, ketika rezim Bashar Asad mengumumkan akhir dari gencatan senjata yang berlangsung selama sepekan.

Pada Jumat, utusan Rusia untuk PBB di Jenewa mengumumkan bahwa gencatan senjata di kota Aleppo telah diperpanjang sampai 24 Oktober.

Namun, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov mengatakan pada Senin bahwa Rusia tidak bersedia memperpanjang gencatan senjata kecuali kelompok-kelompok oposisi sepakat dengan perjanjian. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.