Berita Dunia Islam Terdepan

Perang berkecamuk, Turki kirim 20 truk bantuan ke Erbil

20 truk yang mencakup 527 ton bantuan [Foto: World bulletin]
7

BAGHDAD (Arrahmah.com) – Konvoi bantuan kemanusiaan Turki telah tiba di kota Erbil, Irak utara, di tengah serangan yang sedang berlangsung untuk merebut kembali kota Mosul Irak dari ISIS.

“Konvoi ini adalah angkatan pertama dari bantuan kemanusiaan yang akan dikirim oleh Turki untuk warga sipil yang mungkin terkena dampak serangan Mosul,” ungkap Konsul Jenderal Turki, Mehmet Akif Inam, dalam sebuah pernyataan, Selasa (25/10/2016), lansir World Bulletin.

20 truk konvoi, terdiri dari 527 ton bantuan, yang dikirim oleh lembaga Bulan Sabit Merah Turki akan dibagikan kepada pengungsi Irak di kamp-kamp di Erbil.

Inam mengatakan bahwa Turki telah mengirimkan bantuan ke daerah itu sejak Mosul berada dibawah kendali ISIS pada tahun 2014.

“Turki berusaha untuk meringankan beban pemerintah wilayah tersebut [yang merupakan wilayah Kurdi], meskipun hanya beberapa derajat,” kata diplomat itu.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada walikota dan para pejabat atas kerjasama mereka dengan pihak Turki.

Sementara itu, Walikota Erbil Nevzat Hadi menekankan pentingnya bantuan Turki dalam mencegah merebaknya krisis kemanusiaan di daerah itu.

Dia juga memperingatkan bahwa ribuan orang kemungkinan melarikan diri ke wilayah Kurdi jika serangan anti ISIS di Mosul memburuk.

Hadi mengatakan bahwa kamp-kamp pengungsi di daerah Al-Khazir, sekitar 40 kilometer sebelah timur Mosul, pada tahap pertama sudah bisa menampung sekitar 100.000 orang.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...