2 Desa dekat Mosul jatuh ke tangan pasukan keamanan Irak

Foto: Anadolu Agency
11

MOSUL (Arrahmah.com) – Pasukan anti-terorisme Irak telah merebut kembali dua desa lainnya di timur Mosul dari tangan ISIS, sumber militer Irak mengatakan pada Selasa (25/10/2016).

“Badan Anti-Terorisme Irak telah berhasil mengembalikan desa Khazna dan Tob Zawa,” Saad al-Lehebi, komandan operasi militer Irak mengatakan kepada Anadolu.

Menurut al-Lehebi, beberapa 500 keluarga setempat telah melarikan diri ke kamp-kamp di wilayah Al-Khazir karena operasi sedang berlangsung di timur Mosul.

Abdul-Ghani al-Asadi, komandan Badan Anti-Terorisme Irak, mengatakan dalam sebuah pernyataannya yang disiarkan televisi pada Selasa, bahwa Badan Anti-Terorisme telah menyelesaikan “fase kedua dari tahap pertama” dalam operasi untuk membersihkan Mosul dari tangan ISIS.

“Pasukan Irak sekarang berada antara lima dan enam kilometer dari wilayah paling timur Mosul, sementara Pasukan Khusus Irak telah mengusir militan ISIS dari kota Karmles tenggara dan mengamankan semua jalan yang menuju ke sana,” kata al-Asadi.

Mohamed al-Juboury, seorang perwira di Komando Operasi Ninawah, mengatakan kepada Anadolu bahwa tentara Divisi Kesembilan telah membersihkan semua ranjau dan bahan peledak yang ditanam oleh ISIS di Karmles, yang terletak sekitar 25 kilometer sebelah tenggara dari Mosul.

Pada Senin, Komando Operasi Gabungan militer Irak mengumumkan telah menguasai 13 daerah yang berada dekat dengan Mosul.

Satu pekan lalu, pasukan Irak yang didukung oleh serangan udara pasukan koalisi yang dipimpin AS melancarkan serangan besar-besaran untuk merebut kembali kota Mosul dari tangan ISIS. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.