Berita Dunia Islam Terdepan

Pekan pertama operasi Mosul, Irak rebut 74 desa dan kota dari ISIS

Mosul
5

BAGHDAD (Arrahmah.com) – Pasukan Irak merebut 74 desa dan kota dari ISIS pada pekan pertama serangan besar-besaran yang ditujukan untuk menggulingkan kelompok tersebut dari kota Mosul utara, kata militer Irak, sebagaimana dilansir World Bulletin.

Pekan lalu, militer Irak, yang didukung oleh serangan udara koalisi pimpinan AS, melancarkan operasi besar-besaran untuk merebut kembali kota Mosul, benteng terakhir ISIS di Irak utara.

“Setidaknya 772 anggota ISIS tewas dalam pertempuran sejak awal operasi Mosul,” kata militer Irak dalam sebuah pernyataan pada Senin (24/10/2016).

Namun, pernyataan itu sama sekali tidak menyebutkan berapa kerugian yang dialami militer Irak selama serangan tersebut.

Pada Ahad (23/10), pasukan Peshmerga Kurdi mengatakan bahwa mereka telah telah berada sejauh 10 kilometer dari wilayah timur Mosul.

ISIS merebut Mosul, kota terbesar kedua di Irak, pada pertengahan 2014 sebelum menduduki sebagian besar wilayah di utara dan barat Irak.

Beberapa bulan terakhir tentara Irak, yang didukung oleh sekutu lokal di Irak dan koalisi udara yang dipimpin AS, merebut kembali banyak wilayah.

Namun demikian, ISIS tetap mengendalikan beberapa bagian di Irak, termasuk Mosul.

Dalam beberapa pekan terakhir, tentara Irak dan sekutu-sekutunya telah melancarkan serangan secara bertahap di Mosul. Para pejabat di Baghdad telah bersumpah untuk merebut kembali kota itu pada akhir tahun ini.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...