ISIS mengebom hotel terbesar di Mosul

25

IRAK (Arrahmah.com) – Kelompok “Daulah Islamiyah” atau Islamic State (IS) yang sebelumnya dikenal sebagai ISIS, telah meledakkan sebuah hotel bintang lima di kota utara Irak, Mosul, di tengah operasi yang sedang berlangsung untuk merebut kembali kota yang diduduki IS.

Berbicara kepada Anadolu Agency pada Sabtu (22/10/2016), petugas Irak Saadi Al-Shemari mengatakan militan telah menanam bom jenis TNT di Ninova International Hotel di Mosul utara dan meledakkannya.

“Hotel mewah 11 lantai itu telah rusak parah,” katanya.

Terletak di tepi Sungai Degla, hotel dengan 236 kamar itu dianggap sebagai hotel yang terbesar di Mosul.

Pekan lalu, militer Irak, yang didukung oleh serangan udara koalisi pimpinan AS, meluncurkan serangan untuk merebut Mosul.

IS telah kehilangan lebih dari 30 desa yang mereka duduki sejak serangan dimulai, saat tentara Irak dan sekutunya menyerbu.

IS menduduki Mosul, kota terbesar kedua di Irak, pada pertengahan 2014 sebelum menduduki sebagian besar wilayah di utara dan barat negara itu.

Beberapa bulan terakhir tentara Irak, didukung oleh sekutu lokal dan koalisi udara yang dipimpin AS, merebut banyak wilayah dari tangan IS. Namun demikian, kelompok pimpinan Abu Bakar Baghdadi itu masih menguasai beberapa bagian negara, termasuk Mosul.

(aliakram/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.