Barzani: Mosul tidak akan menjadi seperti Aleppo

Pemimpin Kurdi Masoud Barzani.
19

ALEPPO (Arrahmah.com) – Presiden Irak Wilayah Kurdistan Massoud Barzani mengatakan kemarin bahwa pasukan Peshmerga telah membebaskan wilayah di sekitar Mosul dari tangan ISIS.

Barzani memperingatkan bahwa kota itu tidak akan seperti Aleppo setelah kelompok militan ISIS diusir dari daerah tersebut, AlKhaleejOnline.com melaporkan (18/10/2016).

Selama kunjungannya ke pasukannya di daerah Al-Khazar, sebelah timur dari Mosul, di mana 4.000 tentara telah ditempatkan di sana, Barzanzi menekanan pentingnya memiliki pemahaman antara pemerintah Turki dan Irak mengenai partisipasi pasukan Turki dalam pertempuran untuk membebaskan Mosul.

“Hari ini adalah hari bersejarah,” katanya sambil mencatat bahwa ini adalah tahap pertama dalam operasi bersama untuk membebaskan Mosul.

Dia mengatakan bahwa telah ada kerjasama penuh dengan Baghdad mengenai pertempuran ini. Pasukan operasi mencapai keberhasilan besar. Barzani menambahkan bahwa ini adalah pertama kalinya pasukan Irak dan Peshmerga berjuang bersama-sama.

Sementara itu, dia meyakinkan penduduk Mosul bahwa hidup mereka akan aman selama operasi penyerangan berlangsung.

“Kami tidak akan mengubah Mosul menjadi seperti Aleppo yang baru,” katanya.

Kerja sama antara Kurdi dan Baghdad akan terus berlangsung meskipun ISIS telah dipaksa keluar dari Mosul.

“Pasukan Irak dapat mencapai kemenangan dan kami siap untuk bekerja sama dengan mereka,” tambahnya. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.