Kelompok Syiah Houtsi membunuh jenderal tertinggi Yaman

Kerusakan akibat bentroka antara syiah houtsi dengan pasukan militer Yaman. (Foto: MEMO)
15

SANA’A (Arrahmah.com) – Seorang jenderal tertinggi Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi tewas dalam pertempuran melawan kelompok Syiah Houtsi yang beraliansi dengan Iran di ibukota Sana’a.

Mayor Jenderal Abd Al-Rab Al-Shadadi, Komandan Militer Daerah Ketiga Yaman, adalah anggota paling senior dari pasukan pro-Hadi yang dibunuh dalam perang di Yaman yang telah berlangsung selama 19 bulan.

Kantor berita pro militer Houtsi, Saba News, mengatakan pada Jumat bahwa penembak telah menargetkan Al-Shadadi setelah mereka menunjuk lokasinya.

Pada Sabtu (8/10/2016), Al-Arabiya mengutip pernyataan dari pemerintah Hadi yang mengatakan bahwa Al-Shadadi meninggal di rumah sakit setelah terluka parah di Marib.

Koalisi yang dipimpin Saudi telah berjuang untuk mengembalikan Hadi menjadi presiden Yaman sejak Maret 2015 terjadi invansi militer yang dilakukan oleh kelompok Syiah Houtsi, yang telah menguasai Sana’a dan memaksa pemerintah berada di pengasingan.

Kematian al-Shadadi bisa menjadi pembalasan atas pembunuhan para jenderal dan perwira senior kelompok Houtsi.

Bulan lalu, seorang sumber yang berasal dari koalisi pimpinan Saudi mengatakan bahwa kepala pasukan khusus Houtsi, Mayor Jenderal Hassan Almalsi, tewas saat kelompok Houtsi berusaha menyusup ke provinsi selatan Yaman dan Najran. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.