ISIS rebut kembali wilayah di Irak

Ilustrasi
19

SHIRQAT (Arrahmah.com) – ISIS telah berhasil merebut kembali sebuah wilayah di Irak dari tangan Pasukan Keamanan Irak (ISF) setelah terjadi perang singkat yang berlangsung Sabtu malam (8/10/2016), sumber-sumber militer Irak telah mengonfirmasi. Tentara ISF telah menarik diri sepenuhnya dari desa-desa yang sebelumnya berada di bawah kendali mereka.

Bentrokan terjadi di selatan Shirqat, sebuah wilayah yang direbut kembali bulan lalu dari ISIS oleh ISF dengan dukungan kekuatan udara koalisi pimpinan AS.

Pemerintah Irak menyebut kemenangan itu sebagai batu loncatan untuk operasi merebut kembali kota Mosul, kota terbesar kedua di Irak yang telah dikuasai oleh kelompok ISIS.

Sumber-sumber militer Irak menegaskan bahwa ISIS berhasil menginfiltrasi setelah mereka maju dari tepi timur Sungai Tigris yang mengalir melintasi Shirqat dan pegunungan Makhoul, di mana kelompok ISIS telah berada di sana.

ISIS kemudian menyerang ISF secara cepat dan agresif. Kemudian ISF terpaksa mundur dari wilayah tersebut.

Untuk mencegah serangan ISIS lebih lanjut, pasukan ISF memberlakukan jam malam di kota Shirqat untuk memantau jika terjadi ancaman.

Ini bukan pertama kalinya pasukan Irak terpaksa melarikan diri setelah koalisi pimpinan AS memfokuskan kekuatan udara mereka pada daerah yang berbeda.

Sebelumnya, 13 tentara ISF tewas dan 24 orang terluka setelah ISIS menyerang posisi mereka di barat Irak provinsi Anbar. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.