Masjid terus menjamur di Thailand meskipun Islam merupakan agama minoritas

Masjid di Thailand. (Foto: WB)
9

PHUKET (Arrahmah.com) – Islam adalah agama minoritas di Thailand yang berpenduduk mayoritas Budhis, namun Masjid terus dibangun di luar wilayah yang didominasi Muslim di perbatasan Malaysia, dengan Bangkok dan resor wisata di wilayah selatan, Phuket, telah menikmati komunitas Muslim yang cukup besar.

Salah satu bangunan keagamaan saat ini sedang dibangun di jantung distrik Phuket, Kamala, teluk tertutup dan desa memancing yang dikelilingi oleh bukit-bukit berhutan di utara pantai Patong.

Pembangunan Masjid Phadungsat dimulai dua tahun lalu setelah seorang Imam mengunjungi Phuket selama bulan Ramadhan, lansir WB pada Rabu (5/10/2016).

Pembangunan tersebut diharapkan selesai tahun depan, dengan Arab Saudi menjadi donatur yang menyumbangkan 1 juta Baht atau setara 35.000 USD.

Muslim, menjadi agama terbesar kedua di Thailand, namun hanya berjumlah 5 persen dari total populasi secara keseluruhan. Tetapi 20 persen dari mereka yang tinggal di Phuket adalah Muslim dan banyak dari mereka adalah keturunan asli orang laut yang tinggal di pulau itu.

Di luar Phuket, provinsi yang didominasi Muslim adalah Pattani, Yala, Narathiwat dan sebagian dari Songkhla dan Chumphon yang memiliki populasi Muslim yang dominan, yang terdiri dari Muslim etnis Thailand dan etnis Melayu. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.