Berita Dunia Islam Terdepan

Enam milisi PKK di tenggara Turki menyerahkan diri

Milisi PKK . (Foto: WB)
7

SILOPI (Arrahmah.com) – Enam milisi PKK menyerahkan diri dan dua lainnya ditangkap di wilayah Turki tenggara, ujar militer Turki pada Rabu (28/9/2016).

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Staf Jenderal Turki, mengatakan enam militan PKK menyerahkan diri kepada pasukan keamanan di distrik Silopi di provinsi Sirnak setelah melarikan diri dari tempat penampungan mereka di Irak utara.

Secara terpisah, dua militan lainnya tertangkap di Hizan, provinsi Bitlis bersama dengan senapan AK-47, 100 peluru dan dua pistol, lansir WB.

Sementara itu di provinsi Mus, tentara Turki mengklaim telah menemukan 500 kilogram amonium nitrat, empat bom rakitan dan berbagai dokumen di tiga tempat penampungan yang berbeda milik PKK.

PKK dianggap sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa. Mereka terlibat pertempuran panjang terhadap negara Turki dan berupaya untuk memerdekakan diri.

Sejak Juli 2015, kesepakatan gencatan senjata antara Turki dan PKK runtuh. Sejak saat itu, serangan oleh milisi PKK telah menewaskan 600 personil keamanan Turki dan juga banyak merenggut nyawa sipil termasuk perempuan dan anak-anak. Sementara lebih dari 7.000 anggota PKK juga telah tewas dalam operasi militer Turki. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...