Berita Dunia Islam Terdepan

Turki berjanji akan mendukung penuh FSA di Suriah

[Foto: Orient Net]
2

ANKARA (Arrahmah.com) – Turki telah berjanji akan mendukung penuh Tentara Pembebasan Suriah (FSA) sehubungan dengan upaya oposisi yang didukung Turki itu untuk membersihkan tanah mereka sendiri di Suriah utara dari ISIS dan pasukan Kurdi Suriah.

“Tanah-tanah tersebut di Suriah utara adalah tanahnya orang-orang FSA. Orang-orang ini adalah dalam rangka membela tanah mereka sendiri; mereka melihat dukungan Turki sangat penting. Kami memberikan dukungan ini kepada mereka dan kami juga akan terus memberikan dukungan,” kata Menteri Pertahanan Turki Fikri Isik pada Rabu (21/9/2016), sebagaimana dilansir Orient Net.

Isik mengatakan bahwa tujuan mereka untuk FSA adalah untuk membersihkan tanah milik rakyatnya dari ISIS dan juga Partai Uni Demokrat Kurdi (PYD) dan sayap militernya, Unit Perlindungan Rakyat (YPG), yang disebut oleh Turki sebagai cabang teroris dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang.

“Setiap orang harus tinggal di daerah mereka sendiri,” kata Isik.

Turki melancarkan Operasi Perisai Efrat pada 24 Agustus, dengan pasukannya sendiri yang mendukung FSA dengan tujuan membersihkan Suriah utara dari ISIS, serta PYD dan YPG.

Turki membantu membebaskan Jarablus dan al-Ra’i dari ISIS dalam operasi ini.

Pada tanggal 19 September, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa al-Bab adalah target berikutnya dalam lingkup operasi anti-ISIS yang diluncurkan oleh Turki sekitar satu bulan yang lalu.

Al-Bab terletak sekitar 30 kilometer dari distrik Elbeyli provinsi Kilis Turki.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...