Berita Dunia Islam Terdepan

Asy-Syabaab menguasai kota strategis di Somalia tengah

Pejuang Asy-Syabaab memasuki kota Mogokori. (Foto: LWJ)
2

MOGOKORI (Arrahmah.com) – Pejuang Asy-Syabaab berhasil menguasai sebuah kota di wilayah Somalia tengah. Menurut kantor berita lokal dan pernyataan dari Asy-Syabaab, kota Mogokori telah dikuasai setelah pasukan pendudukan Ethiopia keluar dari wilayah tersebut. Pasukan Ethiopia pertama kali merebut kota itu dari tangan Asy-Syabaab pada tahun 2014.

Sebuah akun telegram yang berafiliasi kepada Asy-Syabaab telah merilis laporan pada Rabu (21/9/2016) yang mengatakan bahwa pejuang Asy-Syabaab telah mengontrol penuh kota Mogokori setelah pasukan Ethiopia yang dikerahkan di sana pergi meninggalkan kota, lansir LWJ.

Pernyataan yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Global Islamic Media Front (GIMF) juga mengatakan bahwa benteng Ethiopia di luar kota telah jatuh ke tangan Asy-Syabaab.

Pejuang Asy-Syabaab terlihat berjalan-jalan di tengah kota. (Foto: LWJ)
Pejuang Asy-Syabaab terlihat berjalan-jalan di tengah kota. (Foto: LWJ)

Media lokal juga mengonfirmasi kabar ini, Garowe Online menyebutkan bahwa seluruh distrik Mogokori telah jatuh ke tangan pasukan Jihadi.

Hal ini terjadi selang beberapa hari setelah Asy-Syabaab mengumumkan telah menguasai kota Budbud di wilayah Galgudud setelah pasukan Ethiopia keluar dari kota itu. Selain itu, sebuah laporan menyebutkan bahwa pada Selasa (20/9), pasukan Ethiopia disergap di dekat kota Elbur di Galgudud, namun tidak ada laporan mengenai korban jiwa.

Sebelumnya di Somalia selatan, Asy-Syabaab juga mengaku telah mengambil alih kota Elwak di dekat perbatasan Kenya. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...