Berita Dunia Islam Terdepan

Bantuan kedua Turki akan didistribusikan di Gaza

3

TURKI (Arrahmah.com) – Kementerian Urusan Sosial Palestina pada Sabtu (17/9/2016) mulai mendistribusikan bantuan Turki di Jalur Gaza, lansir WB.

“Kami datang ke Jalur Gaza untuk memberikan bantuan ke Gaza,” kata Fahrettin Göker Otoritas Manajemen Darurat Bencana Turki (AFAD).

“Kami memberitahu Anda bahwa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengawasi bantuan itu sampai diberikan kepada warga Gaza,” tambah Göker.

Sementara itu, Youssef Ibrahim, wakil dari Kementerian Sosial di Gaza, mengatakan bantuan Turki akan dibagikan bertahap.

“Sekitar 200 keluarga akan mendapatkan keuntungan dari bantuan Turki di tahap pertama,” katanya.

Ibrahim menjelaskan bahwa setiap paket bantuan yang akan didistribusikan pada tahap pertama akan mencakup tepung, gula dan minyak goreng.

Pada tanggal 7 September, sebuah kapal Turki yang membawa 2.500 ton bantuan kemanusiaan menuju Jalur Gaza berlabuh di kota pelabuhan Ashdod “Israel”.

Pada bulan Juli, pemerintah Turki mengirim sebuah kapal yang membawa bantuan kemanusiaan yang akhirnya dibagikan kepada rakyat Jalur Gaza.

Bantuan Turki ke Gaza datang dalam konteks kesepakatan yang ditandatangani musim panas ini antara Turki dan penjajah “Israel” di mana keduanya sepakat untuk memulihkan hubungan diplomatik setelah absen enam tahun.

Menurut pejabat Turki, Tel Aviv telah memenuhi seluruh prasyarat Ankara untuk normalisasi hubungan, yang diputus pada tahun 2010 setelah pasukan komando “Israel” menyerbu kapal bantuan Turki untuk Gaza di perairan internasional.

Serangan itu mengakibatkan kematian sembilan aktivis Turki dan mengakibatkan 30 lainnya terluka, satu di antaranya meninggal karena luka-lukanya hampir empat tahun kemudian.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...