Berita Dunia Islam Terdepan

Tentara Turki dan PKK bentrok di Turki tenggara

Tentara Turki [Foto: MEMO]
5

ANKARA (Arrahmah.com) – Tiga tentara Turki dan empat milisi Kurdi yang tergabung dalam Partai Pekerja Kurdistan (PKK) tewas pada Sabtu (17/9/2016) dalam bentrokan di tenggara Turki, Reuters melaporkan.

Pertempuran itu terjadi di provinsi Hakkari ketika gendarmerie Turki melancarkan operasi keamanan yang didukung helikopter di tempat lain di kawasan itu, kata sumber keamanan kepada Reuters.

Tiga tentara Turki juga terluka dalam bentrokan yang berlangsung di desa Agacdibi, sekitar 20 kilometer selatan Hakkari di daerah yang berbatasan dengan Irak dan Iran.

Operasi untuk menangkap para milisi PKK saat ini sedang berlangsung, kata sumber-sumber.

Di Sirnak, di perbatasan dengan Irak, beberapa pesawat tempur Turki mengebom target PKK di dekat Cudi dan pegunungan Gabar dalam mendukung pasukan darat yang sedang melancarkan operasi di daerah itu,

Turki tenggara telah menyaksikan kekerasan sejak PKK, yang telah melakukan pemberontakan selama tiga dekade otonomi Kurdi di wilayah tersebut, mengabaikan gencatan senjata pada 2015. Sejak itu, ribuan milisi, anggota pasukan keamanan dan warga sipil telah tewas dalam pertempuran dan aksi teror di seluruh Turki.

Lebih dari 40.000 orang telah tewas sejak PKK memulai pemberontakannya pada tahun 1984.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...