Berita Dunia Islam Terdepan

Musim Haji 2016, lebih dari satu juta Muslim mengunjungi Mekkah

Jamaah Haji. (Foto: Reuters)
7

MEKKAH (Arrahmah.com) – Sekitar 1,5 juta Muslim dari seluruh dunia telah tiba di kota Mekkah, Arab Saudi, menjelang puncak ibadah haji tahun ini.

Jamaah yang berasal dari lebih dari 150 negara mulai berkumpul pada Jum’at (9/9/2016) di salah satu kota suci ummat Islam, untuk mempersiapkan rangkaian ibadah haji yang akan dimulai pada Sabtu (10/9), lansir Al Jazeera.

Untuk mengatasi masalah keamanan, hampir seribu kamera pengintai baru telah dipasang di Masjidil Haram, yang akan memantau kerumunan jamaah dan lokasi lontar jumrah akan dikontrol lebih ketat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Juga untuk pertama kalinya, jamaah akan diberikan gelang elektronik yang menyimpan data pribadi dan medis yang akan membantu pihak berwenang saat memberikan perawatan dan mengidentifikasi orang. Tahan air dan terhubung ke GPS, perangkat juga akan menginstruksikan kepada jamaah mengenai jadwal sholat.

Ibadah haji tahun lalu mengalami musibah yang menewaskan lebih dari 750 jamaah, mereka berdesak-desakan dan terinjak-injak saat akan melaksanakan lontar jumrah. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...