Berita Dunia Islam Terdepan

Diskriminasi, dua Muslimah Perancis dilarang memasuki sebuah sekolah karena mengenakan hijab

Muslimah di Marseille, Perancis, yang mengenakan hijab. (Foto: Shutterstock)
5

CORSICA (Arrahmah.com) – Dua ibu Muslim yang mengenakan hijab dicegah dari memasuki taman kanak-kanak di pulau Corsica, Perancis pada Senin (5/9/2016) oleh dua orang tua lainnya.

Insiden terjadi ketika para orang tua mengantar anak-anak mereka di hari pertama sekolah di Bonifacio, di ujung selatan pulau, lansir AFP.

Kedua wanita mengenakan hijab, dihentikan oleh dua orang tua murid lainnya yang berpikir bahwa itu adalah hal yang tidak benar, karena anak-anak mereka tidak diperbolehkan untuk memakai lambang agama mereka di sekolah dan kedua Muslimah tersebut tidak bisa memasuki sekolah karena hijab mereka, ujar jaksa setempat, Eric Bouillard yang membenarkan laporan yang dikeluarkan oleh harian Corse-Matin.

“Polisi dan inspektur sekolah telah dikirimkan ke lokasi kejadian, dan situasi tenang. tidak ada kekerasan, tidak ada ancaman, dan karena itu tidak ada hukum yang dilanggar,” ujar Bouillard.

Simbol-simbol keagamaan dilarang untuk murid dan guru di sekolah-sekolah Perancis, namun tidak ada aturan seperti itu untuk orang tua.

Diskriminasi terhadap Muslim meningkat di Perancis akhir-akhir ini. Sebelumnya, larangan penggunaan burkini (baju renang yang biasa dikenakan oleh Muslimah Perancis-red) oleh otoritas lokal di seluruh resort di Perancis telah berakhir di pengadilan.

Larangan tersebut memicu ketegangan antara Muslim lokal dan tetangga mereka. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...