Berita Dunia Islam Terdepan

Satu lagi distrik di Afghanistan timur jatuh ke tangan IIA

Pejuang Imarah Islam Afghanistan merayakan kemenangan di distrik Omna. (Foto: Voice of Jihad)
4

PAKTIKA (Arrahmah.com) – Imarah Islam Afghanistan (IIA) dan pejabat boneka Afghanistan menegaskan bahwa pejuang IIA menyerbu distrik Omna di provinsi Paktika setelah pasukan Afghanistan mundur sehari sebelumnya. Distrik ini merupakan yang kedua di wilayah Afghanistan timur yang jatuh ke tangan IIA dalam seminggu terakhir saat pejuang IIA terus melancarkan operasi di seluruh wilayah Afghanistan.

Tentara boneka Afghanistan dan personil pasukan khusus telah dikirim ke distrik tersebut untuk menghentikan kemajuan IIA, ujar seorang pejabat keamanan Afghanistan mengatakan kepada kantor berita Afghanistan Pajhwok, lansir LWJ pada Ahad (4/9/2016). Pejabat lainnya menegaskan IIA telah menguasai distrik Omna.

IIA telah menegaskan bahwa mereka menguasai sepenuhnya distrik Omna setelah pertempuran selama empat hari.

“Serangan di mana senjata berat dan ringan digunakan, mengakibatkan jatuhnya gedung pemerintahan di distrik dan enam pos pertahanan, 7 personil militer musuh tewas, 5 luka-luka dan sisanya memanfaatkan gelap untuk melarikan diri,” ujar pernyataan IIA.

“Mujahidin juga menyita satu truk bak terbuka, sepeda motor juga sejumlah besar senjata dan amunisi.”

Omna adalah distrik kedua di Afghanistan timur yang jatuh ke tangan IIA sejak 26 Agustus. Sebelumnya IIA menyerbu Jani Khel di provinsi Paktika setelah mengepung pusat distrik selama lebih dari dua minggu. Para pejabat Afghanistan di distrik tersebut telah memohon bala bantuan untuk mencegah jatuhnya distrik, namun Departemen Pertahanan gagal mengirimnya. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...