Berita Dunia Islam Terdepan

Kepada Jokowi, Presiden China ungkapkan ingin hubungan dengan Indonesia semakin erat

Jokowi dan Xi Jinping. Foto: Net
7

HANGZHAO (Arrahmah.com) – Saat menerima kunjungan kehormatan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (jokowi) di Hangzhou, China, Jumat (2/9/2016), Presiden China Xi Jinping berharap hubungan serta kerja sama yang telah terjalin baik dengan Indonesia semakin erat dan luas pada masa-masa datang.

Jokowi berada di Hangzhou untuk menghadiri pertemuan puncak ke-11 pemimpin negara kelompok 20 (G-20).

Xi mengatakan bahwa Indonesia dan China merupakan dua negara yang saling bertetangga baik.

“Indonesia dan China akan selalu menjadi tetangga, sekaligus mitra yang baik untuk membangun saling percaya serta memperkuat hubungan sebagai mitra strategis komprehensif,” katanya, lansir Antara.

Dia mengemukakan Indonesia dan China perlu memperkuat koordinasi dan kerja sama dalam memadukan visi jalur sutra maritime abad 21 dan poros maritim dunia, memperluas kerja sama di berbagai bidang seperti infrastruktur, investasi, perdagangan, keuangan dan lainnya.

Xi juga ingin memperkuat hubungan dan kerja sama antarmasyarakat kedua negara melalui pertukaran kebudayaan, pendidikan, kesehatan, dan media.

China, tambah dia, akan mendukung ASEAN, termasuk komunitas ASEAN melalui konsultasi bersama Indonesia di berbagai forum internasional, untuk bersama-sama memajukan kepentingan negara-negara berkembang.

Dalam pertemuan tersebut Jokowi menyampaikan dukungan kepada China yang untuk kali pertama menjadi tuan rumah KTT G20.

(azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...