Berita Dunia Islam Terdepan

Pensiunan Jenderal Iran tewas dalam pertempuran di Aleppo

Pasukan Garda Revolusi Iran (Foto: Arab21)
1

ALEPPO (Arrahmah.com) – seorang pensiunan Jenderal Iran telah tewas saat terlibat pertempuran dengan pejuang Suriah di Suriah utara, menurut laporan media Iran pada Rabu (31/8/2016).

Ahmad Gholami, yang pernah menjabat sebagai komandan senior Garda Revolusi dalam perang Irak-Irak di tahun 1980-an, tewas pada Selasa (30/8) saat terlibat pertempuran dengan pejuang Suriah di Aleppo, menurut laporan kantor berita Fars seperti dilansir AFP.

Gholami pergi ke Irak dan Suriah sebagai “relawan” untuk memerangi ISIS.

Iran merupakan sekutu dan pendukung utama rezim Nushairiyah pimpinan Bashar Asad. Mereka menyangkal bahwa tentara profesional telah dikerahkan di Suriah, bersikeras bahwa para komandan dan jenderal bertindak murni sebagai “penasihat militer”. Namun sejumlah besar “relawan” yang berasal dari Iran dan Afghanistan terbukti terlibat pertempuran di Suriah dan berperang di sisi Bashar Asad.

Iran tidak memberikan angka korban yang tepat untuk pejuangnya yang tewas dalam pertempuran di Suriah dan Irak, namun media Iran pernah melaporkan bahwa “ratusan” penasihat militer dan relawan telah tewas dalam beberapa tahun terakhir. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...