Berita Dunia Islam Terdepan

Hepatitis A menyebar cepat di Daraa

Anak Suriah tengah mengambil air untuk kebutuhan keluarga mereka. (Foto: Eqtsad)
1

DARAA (Arrahmah.com) – Aktivis memperingatkan meluasnya virus Hepatitis di pedesaan Daraa karena kontaminasi air dan makanan.

Rumah sakit di Al-Herak telah mengakui puluhan kasus Hepatitis dalam beberapa minggu terakhir.

Teknisi laboratorium Maroof Al-Torkmani mengungkapkan kepada Eqtsad bahwa lebih dari 100 kasus Hepatitis telah dirawat di rumah sakit yang datang dari Al-Herak, Al-Lajat, dan Al-Soura, kebanyakan dari mereka Hepatitis A sedangkan 3 kasus Hepatitis B dan satu kasus Hepatitis C berasal dari Homs, lansir Zaman Alwasl pada Senin (29/8/2016).

Menurut Torkmani, Hepatitis A adalah penyakit hati (liver) yang disebabkan oleh virus. Virus terutama menyebar ketika orang yang tidak terinfeksi memakan makanan atau menggunakan air yang telah terkontaminasi dari orang yang terinfeksi. Penyakit ini berhubungan erat dengan air atau makanan yang tidak aman, sanitasi yang tidak memadai dan kebersihan pribadi yang buruk.

Penyakit ini bisa menyebabkan konsekuensi ekonomi dan sosial yang signifikan di masyarakat. Ini dapat mengambil berminggu-minggu atau bulan untuk orang yang terinfeksi untuk pulih dari penyakit dan bisa kembali bekerja atau sekolah atau menjalankan kehidupan sehari-hari.

Torkmani menyarankan bahwa menggunakan klorin pada konsentrasi 100 ml untuk 2.000 liter air bisa membunuh agen infeksi di dalam air.

Rumah sakit di Al-Herak menemukan kesulitan dalam menyediakan bahan-bahan laboratorium untuk mendiagnosis kasus karena biasa yang tinggi dan kurangnya dana karena badan-badan bantuan sebagian besar telah mengurangi bantuan mereka di daerah tersebut. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...