Berita Dunia Islam Terdepan

Konvoi bantuan memasuki Daraya setelah kesepakatan untuk mengakhiri pengepungan

Konvoi bantuan yang dikoordinir oleh badan amal medis Bulan Sabit Merah telah memasuki kota Daraya.
12

DAMASKUS (Arrahmah.com) – Konvoi bantuan yang dikoordinir oleh badan amal medis Bulan Sabit Merah telah memasuki kota Daraya yang terkepung saat ratusan pejuang Suriah siap untuk meletakkan senjata mereka setelah menyerahkan kontrol wilayah itu kepada pasukan pemerintah.

Konvoi ambulans Bulan Sabit Merah mencapai Daraya pada Jumat (26/8/2016) pagi, sebuah kota yang terletak hanya beberapa kilometer dari istana Presiden Bashar al-Assad dan pangkalan udara Mazzeh yang dikuasai pemerintah, sebagaimana dilansir Al Jazeera.

Pejuang oposisi Suriah dan pasukan pemerintah pada Kamis (5/8/2016) menyeutujui sebuah kesepakatan untuk mengevakuasi kota itu, yang dikepung oleh pasukan pro-pemerintah sejak 2012. Sejak itu, hanya satu pengiriman bantuan yang mencapai daerah tersebut, menurut PBB.

Seorang saksi dari kantor berita Reuters melihat enam bus meninggalkan kota itu, dan rekaman di televisi pemerintah memperlihatkan bus melaju dengan hati-hati melewati sekelompok besar prajurit menyusuri jalan-jalan yang di sisinya dihiasi dengan puing-puing.

Sumber-sumber mengatakan kepada Al Jazeera bahwa sekitar 8.000 warga sipil dan 800 pejuang oposisi akan dievakuasi dari pinggiran Damaskus itu, yang sebelum perang merupakan tempat tinggal bagi seperempat juta orang.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...