Berita Dunia Islam Terdepan

Gempa di Myanmar tewaskan 4 orang dan hancurkan 230 monumen kuno

Foto: Anadolu Agency
8

YANGON (Arrahmah.com) – Sebuah gempa berkekuatan besar mengguncang Myanmar tengah dan menewaskan sedikitnya empat orang dan lebih dari 200 kuil kuno dan pagoda rusak, ujar pejabat pemerintah Myanmar, Kamis (25/8/2016), lansir Anadolu.

Gempa bumi berkekuatan 6,8 yang melanda 129 mil barat laut dari kota terbesar kedua Myanmar, Mandalay, mengguncang gedung-gedung di seluruh negeri, yang getarannya terasa sampai Thailand, Bangladesh, dan India timur.

Menurut informasi dari kementerian, sedikitnya empat orang, termasuk dua gadis muda berusia 7 dan 15 tahun, tewas dalam gempa tersebut.

Setidaknya 230 kuil dan pagoda rusak, kata kementerian urusan agama dan budaya.

Kota kuno Bagan, tujuan wisata paling terkenal di Myanmar tenga, adalah daerah paling parah yang 185 kuil kuno dan pagoda rusak akibat gempa.

“Tujuh pagoda seperti candi kuno Sulamani rusak parah akibat gempa,” kata Aung Kyaw Kyaw, direktur jenderal Departemen kementerian Arkeologi, Museum Nasional dan Perpustakaan.

“Para wisatawan dan pengunjung tidak diperbolehkan masuk pagoda ini sekarang,” katanya kepada Anadol melalui telepon. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...