Berita Dunia Islam Terdepan

Penyelidikan membuktikan rezim Nushairiyah gunakan gas beracun dalam serangan udara di Suriah

5

SURIAH (Arrahmah.com) – Hasil dari penyelidikan yang telah lama dilakukan dan laporan resmi menyimpulkan bahwa pasukan pemerintah rezim Nushairiyah berada di balik dua serangan gas beracun di Suriah.

Sebuah laporan rahasia – oleh PBB dan pengawas senjata kimia global – berdasarkan penyelidikan yang difokuskan pada sembilan serangan di tujuh wilayah Suriah, di mana investigasi pencari fakta OPCW yang terpisah telah menetapkan bahwa senjata kimia telah digunakan.

Penyelidikan terbaru menemukan adanya informasi yang cukup untuk menyimpulkan bahwa helikopter-helikopter Angkatan Udara Suriah menjatuhkan perangkat yang menyebar toksik di Talmenes pada tahun 2014 dan di Sarmin tahun lalu – keduanya di provinsi Idlib. Kasus-kasus tersebut melibatkan penggunaan klorin.

Selain itu, ada pula informasi yang cukup untuk menyimpulkan bahwa militan Daesh merupakan “satu-satunya entitas dengan kebisaan, kemampuan, motif dan sarana untuk menggunakan gas mustard sulfur di Marea pada tanggal 21 Agustus 2015.”

Misi Suriah untuk PBB tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk memberikan komentar.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...